Acara potong kambing tasyakuran penting bagi agama islam bagi yang mampu. berikut adalah video penyembelihan kambing jawa waktu akekahan untuk anak. iseng iseng di rekam dan di unggah di youtube, maklum pakai kamera amatir jadi resolusi video tidak begitu bagus.

Berikut pengertian tentang Aqiqah :

Aqiqah yaitu penyembelihan binatang ternak pada hari ke 7 kelahiran anak laki2 ataupu wanita sbg rasa syukur kepada Allah SWT.
Adapun hukum aqiqah menurut jumhur {konsensus} ulama adalah sunnah, dengan dalil-dalil sebagai berikut:
  1. Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy, dia berkata : Rasulullah bersabda : “Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” HR. Bukhari (5472), Arti dari menghilangkan gangguan adalah mencukur rambut bayi atau menghilangkan semua gangguan yang ada [Fathul Bari (9/593)
  2. Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya, yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shahih,HR. Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166)
  3. Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing dan bayi perempuan satu kambing.” [Shahih, HR. Ahmad (2/31, 158, 251), Tirmidzi (1513]
  4. Dari Ibnu Abbas: bahwasanya Rasulullah Mengaqiqahi Hasan dan Husain dengan satu kambing dan satu kambing.” [HR Abu Dawud (11/316) dengan sanadnya shahih)
  5. Fatimah binti Rasulullah SAW ketika melahirkan Hasan, dia berkata : Rasulullah bersabda : “Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang miskin seberat timbangan rambutnya.” [Sanadnya Hasan, Hadits riwayat Ahmad (6/390) dan yang lainnya]
  6. Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah bersabda : “Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.” [Sanadnya Hasan, Hadits Riwayat Abu Dawud (2843),dan yang lainya]
Dari dalil-dalil yang diterangkan di atas maka dapat diambil hukum-hukum mengenai seputar aqiqah sebagai berikut:
  1. Aqiqah paling bagus dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran anak ,kalau tidak bisa maka hari keempat belas atau hari kedua puluh satu, adapun setelah itu terserah orang tua, namun sebaiknya dilakukan sebelum anak itu baligh menurut imam Syafi’i.
  2. Dan disunnahkan mencukur rambut bayi, bersedekah dengan perak seberat timbangan rambutnya dan diberi nama pada hari ketujuhnya. ulama yang menerangkan tentang sunnahnya amalan tersebut (bersedekah dengan perak), seperti : al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani, Imam Ahmad, dan lain-lain.”(lht hadits no.5)
  3. Para ulama bersepakat bahwa aqiqah untuk bayi laki-laki adalah dua kambing,dan untuk anak perempuan adalah satu kambing, akan tetapi apabila tidak mampu boleh menyembelih satu kambing untuk anak laki-laki (lht hadits no.3 dan 4)
  4. Ketentuan dan syarat kambing untuk aqiqah sama dengan ketentuan dan syarat kambing qurban, dan tidak boleh satu hewan untuk lebih dari satu orang, misalnya sapi untuk tujuh orang sebagaimana pada hewan kurban.
  5. Sebaiknya daging kambing aqiqah dibagikan kepada fakir miskin atau para tetangga dalam keadaan sudah dimasak, ini akan menambah kabaikan dan rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Wallahu ‘alam bissowab.

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Judul: Acara potong kambing tasyakuran
Ditulis oleh agustin spd
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel " Acara potong kambing tasyakuran " bermanfaat. Jika ingin share, sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link sumber http://philwilson-green.blogspot.com/2013/05/acara-potong-kambing-tasyakuran.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 comments: