Ritual malam satu suro di solo. hari ini adalah tanggal 14 nopember 2012, besok hari libur 1 suro, berarti nanti malam di kota solo akan ada tirakatan ritual dengan iring iringan kerbau kiai slamet yang akan berputar mengelilingi keraton solo. ritual seperti ini sudah menjadi tradisi dan adat berpuluh puluh tahun. seperti biasanya pasti akan ada dokumentasi lewat media, 1 suro adalah acara adat ritual solo untuk memandikan pusaka pusaka dari keraton surakarta. dan adat ini terjadi juga di keraton jogja. dan biasanya akan di siarkan langsung oleh pemancar tv lokal.
Ritual malam satu suro cuci pusaka
Ritual malam satu suro cuci pusaka
Tradisi Malem Satu Suro turun temurun bagi sbagian masyarakat (orang) Jawa dan dikaitkan dgn perihal mistis serta berfilosofis. Malem Satu Suro merupakan hari pertama dalam kalender Jawa di bulan Sura atau Suro dimana bertepatan dengan 1 Muharram/hijriyah. kusus kota solo acara Satu Suro adalah ritual Mubeng Beteng, di situ mengiringi kerbau kiai slamet / kerbau merah simbol pembawa rejeki (pawai yang dapat memacetkan lalu-lintas di seputaran kraton dan jalan protokol). (cctv murah )
Ritual malam satu suro solo
Ritual malam satu suro solo

Malam satu suro sakral

Dianggap sakral bagi masyarakat jawa, di segi agama islam hari ini adalah malam tahun baru hijriah 1434 H di 15 nopember 2012 ini yang otomatis besok adalah libur karena tanggal merah. karena malem ini hujan gerimis mungkin Malam Satu Suro paling enak begadang sambil nonton film horor :
Nih Admin kasih daftar film horor jaman dulu yang pernah ngetop dan sampe sekarang masih bikin merinding :
  1. Pengabdi Setan
  2. Malam Satu Suro
  3. Bayi Ajaib
  4. Cincin Berdarah
  5. Bisikan Arwah
  6. Lukisan Berlumur Darah
  7. Ratu Ilmu Hitam
  8. Dendam Jumat Kliwon
  9. Sundel Bolong
  10. Dukun Lintah
Mungkin filem film horor baru juga ada, seperti suster ngesot, suster keramas. dll. tapi kebanyakan malam satu suro biasanya untuk malam tirakatan. lek lekan 1 malam suntuk. ( penerjemah )

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Judul: Ritual malam satu suro solo
Ditulis oleh agt spd
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel " Ritual malam satu suro solo " bermanfaat. Jika ingin share, sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link sumber http://philwilson-green.blogspot.com/2012/11/ritual-malam-satu-suro-solo.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 comments: